Web Mahasiswa

Berpacu menjadi yang terbaik

Menilai diri

08 January 2014 - dalam Umum Oleh siti-alvi-fisip12

Hal Positif  Yang Ada Pada Diri Saya Sendiri Jika Menjadi Pelayan Publik

Saya adalah pribadi yang memiliki kelebihan, dan kelemahan. Berikut ini adalah kelebihan saya yaitu: menurut dari komentar berbagai pihak saya adalah pribadi yang memiliki karakter seorang pemimpin. Saya bisa memimpin anggota sayahingga pekerjaan itu selesai tepat pada waktunya Saya sangat konsisten dengan prinsip, dan segala kegiatan telah saya atur sebelumnya. Saya adalah pribadi yang tegas, menentang jika memang menurut saya itu salah. Karakter saya yang lain adalah selalu menginginkan segala sesuatu itu cepat selesai, dan tanpa ada penundaan. Segala sesuatu yang ada pada diri saya adalah penuh perhitungan ats konsekuensi yang akan ada, sehingga saya lebih memilih mana pekerjaan yang akan saya lakukan dan pekerjaan itu membawa dampak positif pada diri saya sendiri, dan orang-orang yang ada disekitar saya. Hobi saya adalah survei, dan jalan-jalan. Namun, tidak hanya sekedar jalan-jalan. Saya lebih suka memperhatikan kehidupan yang ada disekitar saya, memahaminya dan baru membentuk kebijakanmana yang sekkiranya cocok bagi kondisi masyarakat sekarang. Selain itu bagi pekerja lainnya , saya tegaskan untuk memakai seragamyang rapi dan sopan. Sehingga tidak ada pakaian yang aneh-anehdan kurang layak dipandang oleh masyarakat. Saya juga pribadi yang sangat setia terhadap pekerjaan dan relasi. Mudah tanggap akan aktifitas baru yang dianggap seru dan penting.

Kesimpulannya, dari watak saya ini, hal positif yang akan saya bentuk adalah disiplinitas dalam mengerjakan laporan, tugas, dan wewenang agr tugas itu cepat selesai tanpa ada penundaan. Sebelum merencanakan keputusan yang baru, survey terhadap masyarakat sangat diperlukan. Musyawarah dalam pengambilan keputusan, membuka diri terhadap komentar-komentar, dan keluhan masyarakatyang ada, dan mengevaluasinya. Sehingga dalam hal ini, bisa membentuk kebijakan yang tepat guna. Selain itu, dalam melayani saya akan mendahulukan yang dantriannya di awal, dan tidak akan menerima semacam suap ataupun  KKn apapun

 

Hal Negatif Yang Ada Pada Pribadi Saya Jika Menjadi Pelayan Publik

Saya adalah pribadi yang terbiasa terbentur oleh waktu. Idealnya saya adalah pribadi yang apabila memulai hari, berangkat mengerjakan ke kantor ataupun saat ini saat kuliah pasti berangkat mepet. Jadi waktu yang saya bentuk kurang efisien sekali dalam hal ini.selain itu, saya terkenal sebagai pribadi yang tidak begitu asyik, kurang bercanda, bahkan hampir keseluruhan aktifitas sayaadalah serius. Terkadang stres. Saya huga merupakan pribadi yang sering terserang males, ngantuk berlebih. Namun saya banyak memotivasi semangat diri saya sendiri untuk tetap bekerja. Bahkan saya memiliki sifat pemarah. Apapun yang saya kerjakan, dan anggota saya kerjakan apbila menurutsaya kurang, saya cenderung diam, dan cerewet. Namun setelah dijelaskan, terkadang gampang luluh juga. Gampang luluh ini menyebabkan saya sering lupa akan ketegasan saya. Selain itu, saya adalah pribadi yang dalam melakukan segala sesuatu itu tergesa-gesa. Yang pasti cept selesai. Pemikiran saya terkadang kurang sistematis. Apabila telah terjadi keterburukan, penyesalan yang ada pada diri saya menggebu-gebu.

Dalam kesimpulannya, dengan karakter saya seperti ini, apabila saya bekerja di pelayanan publik mungkin para pelanggan akan marah teru menerus, karena bukanya instansi pasti mepet, dan membuat risau pelanggan. Selain itu anggota saya, ataupun partner saya jugaakan merasa cepat jenuh karena sifat saya yang kurang senyum. Dan dengan watak tergesa-gesa saya ini mungkin pegawai pelayanan publik akn jenuh, dan penuh dengan suasana tegang. Suasana hati saya tergantung semangat yang ada pada diri saya.

 

Cara Menanggulanginya:

Perlu adanya kesepakatan yang tegas, beserta sanksi dan reward atas tindakan yang dilakukan berdasarkan aturan yang ada. Sehingga tidak ada namanya waktu terlambat, baju tidak sopan, kurang ramah dengan pelanggan, dsb.

Selain itu dalam perekrutan kerja dalam pelayanan publik perlu dilakukan pemilihan/ kualifikasi mana latar belakang pendidikan yang sesuai, seberapa jauh dan baik ketrampilan yang calon pegawai miliki, training beberapa saat untuk melihat dedikasi yang diberikan pada instansi pelayanan publik.

Dalam instansi pelayanan publik juga perlu adanya hukum yang tegas agar tidak terjadi kesewenang-wenangan jabatan. Dalam hal ini dimaksudkan agar tercapai keteraturan, ketertiban, dan keadilan wewenang serta kebijakan serta tidak ada kegiatan yang hanya menguntungkan pribadi saja daripada kepentingan kelompok.

Kesimpulannya adalah diperlukan adanya peraturan yang tegas, dan memaksa agar tercipta ketertiban dan keadilan , mengkondisikan diri sendiri agar tidak terlalu mementingkan kepentingan pribadi diatas kepentingan kelompok. Perlu kesabaran dan saling memahami. Pembentukan kebijakan dan pelayanan publik yang berwarna kemasyarakatan. Perekrutan pegawai yang benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan instansi, proses training. Pengarahan dan motivasi kepada para pemimpin dan anggota perlu dilakukan agar emosional, semangat, efisien kerja tercapai secara maximal. ^_^



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :